Mencegah Diabetes Dengan Mengkonsumsi Stroberi

mencegah diabetes
Courtesy dothegreenthing.com
Para ilmuwan di Universitas Warwick (Amerika Serikat) telah mengidentifikasi bahwa buah stroberi mempunyai potensi untuk mencegah diabetes tipe 2 (tipe diabetes yang cenderung menyerang di usia tua). Sebelum adanya laporan hasil penelitian tersebut, telah banyak manfaat stroberi yang telah diketahui. Secara umum, stroberi telah dikenal sebagai buah yang sangat efektif untuk memerangi kolesterol tinggi dan kadar gula darah, dan akan sangat baik jika kita konsumsi sebagai makanan pencuci mulut. 

Penelitian yang dilakukan oleh profesor Paul Thornalley tersebut, kini telah menunjukkan sebuah hasil yang menyatakan bahwa ekstrak stroberi benar-benar mampu merangsang protein "Nrf2" (Nrf2 adalah protein yang terkandung dalam setiap sel tubuh yang mengirimkan informasi ke sel DNA) dalam tubuh kita, yang mengaktifkan aktivitas antioksidan dan menurunkan kadar lemak darah.

Mengkonsumsi stroberi atau ekstrak stroberi bisa kita jadikan sebagai solusi alternatif yang alami dan aman bagi kesehatan kita tentunya. Jika selama ini kita hanya tahu bahwa kandungan fito nutrisi yang ada dalam buah stroberi bisa dimanfaatkan untuk mencegah serangan jantung, saat ini dari hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bagaimana cara kerja stroberi yang bisa memberikan efek perlindungan lainnya, yaitu bisa melindungi kita dari kenaikan gula darah yang belebihan. Dengan hasil penelitian tersebut, para peneliti kini mampu lebih fokus lagi pada tahap menentukan berapa banyak dosis yang dibutuhkan dan bentuk stroberi seperti apakah yang akan bekerja dengan baik untuk mecegah dan melawan penyakit jantung dan diabetes.

Tetaplah Mongkonsumsi Buah Meskipun Kita Terkena Diabetes
Perlakuan dan pengobatan alami untuk mencegah diabetes dan mengontrol kadar gula dalam darah kita, seringkali dilakukan dengan cara melakukan diet ketat serta menjaga berat badan dengan baik. Kedua cara tersebut selama ini memang masih menjadi langkah aman agar kita tidak terkena diabetes. Mungkin ada diantara kita dan diantara sekian banyak penderita diabetes lainnya, selama ini hanya memfokuskan pada penghitungan jumlah karbohidrat yang harus dikonsumsi dan menghindari terlalu banyak gula dalam makanan. Sampai-sampai ada yang menghilangkan buah-buahan dari menu. Hal ini sebenarnya sangat disayangkan. Karena kita tentu tidak dapat memperoleh manfaat yang lebih besar dari nutrisi penting yang ada dalam buah-buahan seperti stroberi, berupa obat alami yang mampu melawan penyakit.

Dengan mengkonsumsi berbagai jenis buah-buahan dapat menjadi kunci untuk menjaga tingkat energi, meningkatkan memori, melawan penyakit neurodegenerative (yaitu penyakit yang bisa menyebabkan fungsi / struktur dari jaringan atau organ yang terkena menjadi semakin memburuk dari waktu ke waktu, baik yang disebabkan secara normal karena faktor usia maupun karena pilihan gaya hidup seperti latihan atau pola/kebiasaan makan), menjaga kesehatan jantung, menyehatkan kulit dan organ, bahkan bisa mencegah komplikasi diabetes.

Mengapa Harus Buah-Buahan?
Banyak penderita diabetes yang khawatir jika menambahkan buah-buahan dalam menu dietnya akan membuat biaya semakin membengkak. Sedangkan jatah biaya untuk karbohidrat dianggap sudah cukup besar. Padahal sebenarnya hal ini bisa disiasati lo. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan dengan takaran yang cukup dan sesuai agar nutrisi yang kita dapatkan dari menu diet diabetes kita seimbang. Tidak hanya stroberi, hampir semua jenis buah dapat ditambahkan kedalam menu diet kita. Jadi, jika kita merasa kalau harga stroberi kurang terjangkau, kita bisa menggantinya dengan buah lain. Secara umum, diet diabetes dan non-diabetes harus terdiri dari makanan yang mengandung protein, susu yang rendah lemak, biji-bijian, sayur mayur, dan berbagai jenis buah.

Cara Mengkonsumsi Stroberi Untuk Mecegah Diabetes
Kita bisa menyajikan stroberi dengan yogurt dan bisa juga dipadukan dengan berbagai makanan ringan yang rendah gula. Dan secara umum banyak variasi menu yang bisa dipadukan dengan stroberi. Akan lebih baik jika menu diet kita terdiri dari berbagai jenis buah lainnya selain stroberi. Kita bisa menambahkan pisang, apel, jeruk untuk lebih banyak mendapatkan manfaat bagi kesehatan kita. Untuk berapa takaran atau porsi yang kita butuhkan, kita bisa menggunakan grafik indeks glikemik. Nah, setelah beberapa hari mengkonsumsi stroberi dan berbagai jenis buah lainnya, kita akan mendapati penurunan resiko diabetes. Tentunya semua ini bisa kita capai dengan cara yang alami. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa memberikan inspirasi bagi kita semua untuk mencegah diabetes sejak dini dengan cara mengkonsumsi buah-buahan khususnya stroberi.
 
Sumber : Naturalnews.com     
Rumah Kebuh Stroberi

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment